Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Leon Mendonca GM India ke-67

Leon Mendonca
Leon bersama ayahnya Lyndon dan GM Judit Polgar di Budapest.

Di tengah pandemi Virus Corona yang masih belum diketahui secara pasti kapan berakhirnya, Leon Mendonca sukses meraih gelar GM pada usia 14 tahun 9 bulan dan 17 hari. 

Leon menutup tahun 2020 dengan menjadi GM India ke-67, menjadikannya GM termuda ke-29 di dunia. Hanya, untuk memberi Anda gambaran tentang bakat apa dia, Leon telah meraih gelar GM-nya lebih cepat dari Alireza Firouzja!

Kisah Leon menjadi seorang GM adalah kisah yang sangat menginspirasi. Pada 18 Maret 2020 dia dan ayahnya terdampar di Eropa, pandemi Covid-19 membuat mereka kesulitan untuk pulang ke India. 

Alih-alih menganggap ini sebagai bencana, Leon dan ayahnya malah mengnggap peristiwa ini sebagai peluang. Dalam 9 bulan berada di Eropa, bulan Maret hingga Desember 2020, Leon justru bisa bermain di 16 turnamen catur tatap muka.

Leon mencapai norma GM pertamanya di Rigo Chess GMRR (16-24 Oktober), norma kedua pada turnamen First Saturday di Budapest (07-17 November) dan terakhir di Piala Vergani Italia (26 -30 Desember 2020).

Dari rating 2452, Leon berhasil membukukan Elo 2544. Dia juga mencapai semua norma GM-nya di periode ini. Semua ini bisa diraih Leon berkat sponsornya Geno Pharmaceuticals dan Microsense Networks.

Leon pernah berhadapan dengan IM Medina Warda Aulia di laga persahabatan Indonesia-India bulan Oktober tahun 2019 yang dimenangkan Leon. 

Penulis : Hasiholan Siregar

Post a Comment for "Leon Mendonca GM India ke-67"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel