Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Taktik yang Harus Diketahui Pemain Catur pada Middle Game

Taktik catur merupakan trik dan teknik seorang pemain catur untuk mendapatkan keunggulan dengan cepat terhadap lawannya, taktik digunakan ketika seorang pemain menghadapi susunan posisi  yang berbeda-beda. 

Untuk menghadapi hal tersebut, pemain catur haruslah mengetahui tekniknya. Berikut adalah macam-macam taktik catur :

Double Attack (Serangan Ganda)

Double attack merupakan taktikal pada permainan catur yang terjadi ketika buah catur melakukan serangan terhadap beberapa catur lawan atau petak penting secara bersamaan. Langkah taktis serangan ganda bisa dilakukan oleh semua buah catur termasuk pion dan raja sekalipun.


Black to Move

Pada diagram di atas hitam melangkah dan melakukan serangan ganda terhadap kuda dan benteng putih dengan langkah 1. ... c5, sebuah serangan ganda menggunakan pion.

Fork (Garpu Kuda) 

Taktik fork atau garpuan kuda terjadi saat pemain melakukan serangan terhadap beberapa buah lawan sekaligus menggunakan kuda. 

Taktik ini hampir sama dengan double attack, yang membedakan adalah penyerang pada taktik ini ialah kuda, karena ketika kuda menyerang, ia tidak bisa dimakan oleh targetnya (terkecuali jika targetnya adalah kuda).


Black to Move

Pada diagram tersebut sebelum lanjut ke pembahasan, apakah sobat sudah tau jawabannya? kalau sudah, berikut adalah pembahasannya :

Hitam melangkah 1. ... Mxd4 mengorbankan menterinya! 2. Mxd4 Kf3+ inilah mengapa hitam mengorbankan menterinya 3.Rg2 Kxd4, hitam berhasil memperoleh keuntungan dengan taktik fork yaitu menukarkan menterinya dengan menteri dan gajah lawan.

Pin

Pin atau ikatan merupakan suatu posisi dimana buah yang di serang tidak bisa bergerak karena melindungi buah catur yang lebih berharga di belakangnya. 

Buah catur yang bisa melakukan pin adalah menteri, gajah, dan benteng. Hakikatnya, pada taktik ini terdiri dari penyerang, buah yang terikat, dan target pin.


White to Move

1. Bxc6 Bxc6 2. b5, gajah putih melakukan pin terhadap benteng hitam karena harus melindungi raja di belakangnya. Pada posisi ini serangkaian buah yang masuk dalam taktik pin adalah gajah sebagai penyerang, benteng sebagai buah yang terikat, dan raja sebagai target pin

Skewer (Tusuk Sate)

Skewer disebut juga tusuk sate dalam bahasa indonesia, taktik ini terjadi jika pemain menyerang buah catur dalam segaris. Jika buah catur yang di serang pindah maka buah yang di belakangnya dengan nilai lebih kecil akan terkena/terancam. Skewer bisa di lakukan oleh menteri, benteng, dan gajah.


Black to Move

Pada posisi diatas hitam melangkah dan akan menggunakan taktik skewer, 1. ... Ge6 2.Md3 Gxa2, menteri hanya bisa lari ke petak d3 dan hitam mendapatkan keuntungan satu benteng.

Discover Attack

Discover attack merupakan posisi ketika seorang pemain melangkahkan buah caturnya, sekaligus membuka serangan buah lain yang sebelumnya terhalangi oleh buah yang digerakkan. 

Susunan buahnya hampir sama dengan pin, bedanya jika pin buah yang ditengah adalah milik lawan sedangkan discover attack, buah yang ditengah adalah milik kita sendiri.


White to Move

Putih melangkah dan akan memperoleh menteri lawan dengan menggunakan taktik discover attack, 1. Gb5+, sebuah skak sekaligus membuka serangan terhadap menteri di d4.

Zugzwang

Zugzwang berasal dari bahasa jerman yang berarti "paksaan" pada catur berarti "harus melangkah", taktik ini adalah situasi dimana buah catur jika melangkah akan menimbulkan kerugian bahkan kekalahan.


White to Move

      Jawaban :
      1. Bb8 Rf8
      2. Bxd8

Pada posisi tersebut, tujuan putih melangkahkan bentengnya ke b8 adalah memaksa hitam melangkahkan rajanya yang dengan sendirinya akan meninggalkan penjagaan atas gajah di d8, dapat di simpulkan bahwa pada posisi ini hitam lebih baik tidak melangkah.

Clearance

Taktik ini memiliki arti pengosongan petak. clearance adalah suatu posisi dimana pemain melangkahkan buah caturnya untuk mengosongkan petak yang kemudian akan ditempati dengan buahnya yang lain. 

Clearance seringkali dilakukan melalui pengorbanan dengan tujuan pengosongan petak, jalur, maupun diagonal.


Black to Move

      Jawaban :
      1. ...        Bd2+
      2. Rxd2   a2

Hitam sengaja mengorbankan bentengnya ke d2 dengan tempo skak  yang bertujuan melangkahkan pion ke petak a2 dan tak terbendung lagi untuk promosi jadi menteri.

Back Rank

Back Rank merupakan taktik yang sederhana, namun jika seorang pemain lalai akan menjadi berbahaya. Taktik ini dilakukan dengan cara menyerang baris 1 atau 8, hal tersebut dikarenakan raja biasanya ada pada baris tersebut. 


White to Move
      Jawaban :
      1. Me8+    Bxe8
      2. Bxe8#

Putih mengorbankan menterinya dengan tujuan menskakmat raja hitam, hal tersebut bisa terjadi karena hitam lalai memperhatikan baris ke 8 nya dan membuka salah satu pion depan raja, sehingga rajanya berhasil tumbang dengan taktik back rank.

Combination

Combination merupakan taktik yang terjadi ketika seorang pemain melakukan pengorbanan yang akan membuatnya harus memilih antara mengambil pengorbanan atau mengabaikannya, kedua pilihan tersebut akan tetap merugikan bagi lawanya.


White to Move

      Jawaban :
      1. Gc3    Mxc3
      2. Mf8+

Putih mengorbankan gajahnya dengan tujuan untuk mendapatkan menteri lawan, jika menteri hitam menerima pengorbanan putih dengan memakan gajah maka menteri putih akan melakukan skak ke f8.

Removing the Guard

Removing the guard terjadi ketika seorang pemain menyerang penjaga yang melindungi buah catur yang di serang.


White to Move

Pada diagram di atas, putih menyerang gajah di c5, tetapi gajah tersebut dilindungi oleh kuda di e6. maka dari itu putih melangkahkan Gxe6 untuk menghilangkan penjaga terhadap gajah, setelah hitam memukul gajah putih balik, maka putih akan memukul Gajah di c5 tanpa kompensasi.

Overload (Kelebihan Beban)

Taktik ini bisa digunakan ketika suatu buah catur menjaga lebih dari 1 buah catur lainnya, sehingga kelemahan itu bisa dimanfaatkan lawannya.


Black to Move

      Jawaban :
      1. ...        Bxc4
      2. Mxc4   Mh1#

Hitam melakukan pengorbanan kualitas untuk membuat menteri putih meninggalkan kontrol atas petak h1. Putih mengalami kekalahan karena menterinya diberi tugas banyak (overload) yaitu menjaga gajah di c4 dan menjaga petak h1.

Deflection

Defelction merupakan taktik pengalihan terhadap buah catur yang sedang menjaga buah catur lainnya untuk berpindah tempat atau melepaskan penjagaannya terhadap buah catur yang lain, sehingga buah catur yang dijaga bisa dipukul oleh lawan.


White to Move

      Jawaban :
      1. Gxh7+    Rxh7
      2. Mxf8

Dalam posisi tersebut raja hitam menjaga menteri di f8, untuk mengalihkan raja dari petak g8 maka putih mengorbankan gajahnya ke petak h7, sehingga menteri di f8 lepas dari penjagaan raja hitam.

Decoy (Pengalihan ke Petak Tertentu)

Decoy merupakan teknik pengalihan yang memaksa buah catur lawan menempati petak tertentu, kemudian meraih keuntungan dari posisi tersebut.


White to Move

      Jawaban :
      1. Bxf8+    Rxf8
      2. Mf4+

Langkah pertama putih memaksa raja hitam ke f8, setelah itu putih melangkahkan menteri ke f4 untuk mengancam raja dan benteng di petak e5, sehingga putih akan unggul perwira.

Post a Comment for "Taktik yang Harus Diketahui Pemain Catur pada Middle Game"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel