Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Pairing Catur Menggunakan Program Swiss Manager

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Ketika mengikuti sebuah turnamen catur, pastinya setiap pemain akan bertemu dengan pemain lainnya, hal tersebut dinamakan pairing. Dalam pelaksanaan pairing permainan catur ada beberapa cara yaitu sistem gugur, round robin, dan sistem swiss.

1. Sistem Gugur

Sistem gugur (Knockout System) adalah salah satu format dalam melakukan pairing catur. Pada awalnya seluruh peserta akan di pairing dengan hasil peserta yang kalah akan gugur atau tidak bisa melanjutkan turnamen lagi, dengan begitu peserta akan terus berkurang pada babak berikutnya hingga menyisakan dua peserta pada babak final.

2. Round Robin

Dalam bahasa Indonesia round robin berarti sistem setengah kompetisi, dimana setiap peserta akan saling bertemu antara satu dengan yang lainnya sebanyak satu kali. 

3. Swiss System

Berbeda dengan sistem pairing yang lain, pada swiss system ketika peserta mengalami kekalahan maka dia akan tetap melanjutkan turnamen hingga babak atau putaran terakhir. Jadi, cara penentuan juaranya adalah menggunakan akumulasi poin tertinggi. 
Untuk menentukan berapa putaran pada sebuah turnamen dengan sistem swiss bisa menggunakan rumus 2x dimana x adalah jumlah putaran. 2x harus sama atau lebih besar dengan jumlah peserta.
Contoh : 
Peserta dalam sebuah turnamen terdiri dari 150 peserta, supaya 2sama atau lebih besar dari 150, maka x harus 8. Kesimpulannya, putaran yang diperoleh adalah  paling sedikit 8 babak.

Pairing catur mempunyai ciri khas masing-masing, umumnya yang digunakan pada turnamen-turnamen catur adalah sistem swiss. Untuk menjalankan sistem ini sobat bisa menggunakan software Swiss Perfect atau Swiss Manager, dua aplikasi tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Keunggulan swiss perfect antara lain yaitu lebih simple dan mudah digunakan, sedangkan keunggulan swiss manager adalah sebagai berikut :
  • Bisa dipublikasikan di internet, sobat catur bisa melihatnya melalui laman web https://chess-results.com 
  • Diakui oleh Federation Internationale Des Echecs (FIDE)
  • Sampai sekarang mendukung hingga 24 bahasa termasuk bahasa Indonesia
  • Mendukung hingga 2000 peserta dan 23 babak pada swiss system
Pada kesempatan kali ini whiteknight63.club akan berbagi bagaimana cara pairing menggunakan swiss manager, sebelum itu pastikan bahwa sobat catur sudah menginstalnya terlebih dahulu. Terkait penginstalannya sobat bisa mengunjungi situsnya di https://swiss-manager.at

Pengoperasian Pairing Catur Menggunakan Swiss Manager

Untuk memulai pengoperasiannya, kita bisa buka program Swiss Manager maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Terdapat menu pada tampilan menu bar, antara lain : File, Masukkan, Pairing, Info, Output, Bbk, Daftar, Khusus, Daftar Rating, Internet, Jendela dan "?" yang berarti bantuan. 

A. Memulai Turnamen Baru

Langkah 1 : Klik "file" lalu klik "turnamen baru" (new tournament), selanjutnya di layar akan muncul beberapa pilihan 

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Langkah 2 : Klik "Sistem Swiss" jika pada turnamen tersebut adalah turnamen Perorangan (Individual Swiss Tournaments), kemudian klik "OK"
Langkah 3 : Berikan nama file pada pairing turnamen tersebut, kemudian pilih "Save"

B. Dialog Data Turnamen

Di layar akan muncul dialog data turnamen yang terdiri dari: Umum, Tie-Breaks, Daftar, Daftar-Papan, Gelar-Fide, dan Lainnya.

Langkah 1 : Isi data turnamen di menu "Umum" terlebih dahulu, untuk cara pengisiannya sobat bisa mencontoh gambar di bawah ini.

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Langkah 2 : Kemudian pilih menu "Tie-Breaks", kegunaannya adalah untuk menentukan pemenang jika ada dua atau lebih pemain yang nilainya sama.

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai menu-menu tersebut :

Kotak biru : pada box ini muncul semua tie-break yang di sediakan oleh software swiss-manager.
Kotak merah : bagian ini merupakan tie-break yang sudah dipilih dari kotak biru dan diurutkan berdasarkan prioritas (maksimal 5 ya), berikut adalah penjelasannya :
  1. Points merupakan perolehan skor dari pemain ketika menang mendapatkan 1, kalah dapat 0. dan remis dapat 0,5.
  2. Direct encounter (Hasil dari pemain pada kelompok poin yang sama) merupakan head to head ketika saling berhadapan.
  3. Buchholz merupakan jumlah poin dari lawan-lawan yang pernah di hadapi.
  4. Sonneborn-Berger merupakan jumlah poin dari lawan-lawan yang pernah dikalahkan ditambah setengah dari poin tiap lawan yang di tahan remis
  5. Progresif Skor merupakan jumlah nilai perorangan seluruh babak. PS dihitung dengan menambahkan poin-poin dari kemenangan papan yang diraih, misalnya jika skor yang diraih dari 4 pertandingan adalah: menang, kalah, menang, draw maka nilai progresif skor yang diperoleh adalah 1, 1, 2, 2.5 nilai Tie-Break untuk PS adalah 6.5.
Kotak kuning : pada menu ini merupakan perintah untuk pengeditan dalam kotak merah.
  • [Hilangkan Tie-Break] adalah menghapus tie-break yang sedang di pilih.
  • [Ubah parameter] adalah membuka dialog tie-break yang sedang dipilih (hanya untuk beberapa tie-break) untuk memasukkan parameter.
  • [Baris -1] adalah perintah menggeser tie-break yang dipilih dengan tie-break sebelumnya (menggeser keatas)
  • [Baris +1] adalah perintah menggeser tie-break yang dipilih dengan tie-break sesudahnya (menggeser kebawah)
  • [Hapus semua Tie-Breaks] adalah perintah untuk menghapus semua tie-break pada kotak merah
Langkah 3 : Kembali lagi ke menu "Umum", kemudian klik "OK"

C. Memasukkan Data Pemain

Setelah pengisian bagian B (dialog data turnamen), maka sobat akan disuruh input data pemain.

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Akan muncul 2 kotak dialog, dibagian atas adalah input data pemain secara otomatis dengan cara memasukkan database dari rating FIDE dan rating nasional, sementara dibagian bawah adalah memasukan data pemain secara manual. 
Setelah mengisi data pemain baik secara otomatis atau manual, kemudian klik "OK"

D. Prosedur Melakukan Pairing

Ingat : Swiss-Manager adalah Software yang sangat berguna, tetapi jadi seorang wasit catur haruslah bisa melakukan pairing secara manual(tanpa menggunakan program). Jika seseorang bertanya kepada sobat mengapa pemain X bertemu dengan pemain Y atau mengapa mereka bermain dengan buah hitam dua kali berturut-turut, lalu sobat menjawab "begitulah program melakukannya"
bukan jawaban yang tepat!

Langkah 1 : Pada menu bar, klik "Pairing" kemudian klik "Menu Pairing" atau bisa juga menekan tombol "F6" pada keyboard.
Langkah 2 : Setelah muncul tampilan "Pairing untuk babak 1" kemudian klik "Mulai/Start"

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Langkah 3 : Akan muncul tampilan "pairing selesai", kemudian klik "OK"
Langkah 4 : Untuk melihat pairing, dengan cara klik "Daftar" kemudian klik "Pairing"

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager
Langkah 5 : Setelah pertandingan selesai, kita isikan hasilnya dengan cara klik "Masukkan" pada menu bar, kemudian klik "Hasil"

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Langkah 6 : Sesudah sobat mengisikan hasil pertandingan seperti contoh di atas, kemudian klik "Akhir"
Langkah 7 : Selanjutnya masuk lagi ke menu pairing untuk "babak 2", caranya sama seperti pairing babak 1, bisa lihat pada langkah 2 sampai memasukkan hasil pertandingan.
Langkah 8 : Sesudah mengisikan hasil babak terakhir, selanjutnya sobat klik "Daftar" kemudian klik "Standing sementara/akhir" guna mengetahui peringkat dari kejuaraan atau turnamen tersebut.

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

E. Mengupload ke Chess-results.com

Selain bisa langsung mencetak hasil pertandingan ke printer, swiss-manager juga mempunyai fitur untuk mengupload ke internet, khususnya adalah chess-results.com yang mana merupakan situs web yang langsung terhubung ke swiss-manager.

Langkah 1 : Klik "Internet" pada menu bar, kemudian klik "Unggah otomatis ke Chess-Results.com"

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Langkah 2 : Tunggu hingga loading selesai, kemudian klik "OK"

Cara Pairing menggunakan Swiss Manager

Langkah 3 : Selesai!! Sekarang sobat bisa melihat hasil pairing menggunakan swiss-manager di situs web chess-results.com. Pada contoh di atas sobat bisa melihatnya di sini.

F. Troubleshooting

  • Seandainya terjadi kesalahan dalam memasukkan hasil dan sudah dipairing tetapi belum main (misal sudah pairing babak 4, yg salah hasil babak 3) maka klik "bbk" lalu centang babak 3, selanjutnya masukkan hasil yang benar lalu di save dan masuk menu pairing, maka akan muncul konfirmasi untuk ganti pairing babak ke 4, klik "OK" dst hingga muncul pairing babak 4 yang baru.
  • Jika pada babak 1 sudah mulai dan ternyata ada pemain yang sudah mendaftar tetapi belum masuk pairing maka, pada menu bar klik "Masukkan", kemudian klik "Masukkan pemain"
Cukup sekian pada postingan "Cara Pairing Catur Menggunakan Program Swiss Manager". Semoga bermanfaat bagi sobat catur, jika ada pertanyaan atau saran silakan berkomentar dibawah.
Terimakasih..

Gens Una Sumus

1 comment for "Cara Pairing Catur Menggunakan Program Swiss Manager"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel