Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Macam-macam Pembukaan Catur (Chess Opening)

Macam-macam Pembukaan Catur

Terdapat banyak variasi dalam opening catur, dengan kemungkinan alternatif yang membedakan antara satu sama lain, belajar pembukaan bermanfaat jika sobat catur mengetahui beberapa jenis pembukaan yang umum dan membantu membangun strategi pada tahap berikutnya (middle game), dengan begitu sobat tidak perlu menghabiskan banyak waktu berpikir pada tahap pembukaan, karena sudah dipelajari sebelumnya. 

Pembukaan catur di kategorikan ketika permainan dimulai dengan e4, d4, atau yang lainnya, berikut adalah macam-macamnya :

Dimulai dari e4

a. Italian Game (Giuoco Piano)

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4       e5
      2. Kf3    Kc6
      3. Gc4      

Pembukaan ini adalah pembukaan yang tenang dan cocok digunakan bagi yang baru belajar catur, bila lanjutannya putih memajukan bidak ke-d4, maka permainan akan lebih agresif. 

Biasanya putih akan memajukan pion ke d4 setelah didukung oleh pion ke-c3 supaya memperoleh dua bidak di medan-tengah.

b. Pembukaan Spanyol (Ruy Lópes Opening)

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        e5
      2. Kf3      Kc6
      3. Gc5    

Sampai sekarang opening ini masih sering digunakan, putih melangkahkan gajah rajanya ke b5 menyerang kuda yang menjaga pion di pusat, dengan tujuan memperkuat serangan putih. 

Jika hitam tidak hati-hati dalam menghadapi pembukaan ini, maka ia akan terjebak dalam kesulitan karena kurangnya ruang gerak buah caturnya.

c. French Defense

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        e6  
      2. d4        d5

Putih mempunyai kebebasan yg lebih besar dan hitam sering kesulitan dalam mengembangkan gajah menterinya (gajah terang). tetapi french defense adalah pembelaan yang menarik, dengan kemungkinan serangan balik yang mengesankan.

d. Caro-Kann Defense

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        c6

Pertahanan yang solid, padat, dan tenang. Dengan lanjutan langkahnya adalah 2.d4   d5 yang sering berakhir dengan remis.

e. Sicillian Defense

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        c5

Pertahanan Sisilia merupakan pertahanan dengan presentase kemenangan terbaik bagi hitam. opening ini begitu populer dimainkan baik di kalangan pemula sampai kalangan Master Dunia. Pembelaan ini biasanya di sukai oleh pemain yang ingin menghidupkan permainan yang didasarkan pilihanya sendiri.

f. Pirc Defense

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        d6
      2. d4        Kf6

Pembelaan pirc merupakan salah satu pertahanan modern, yang ditandai dengan langkah lanjutan gajah fianchetto di g7. Pembelaan ini membiarkan bidak-bidak putih menduduki petak pusat dengan tujuan di gempur balik melalui pion e5 atau c5.

g. Scandinavian Defense

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        d5

Pembelaan skandinavia adalah salah satu tandingan permainan pusat, dengan langkah lanjutan 2.exd5 Mxd5 3.Kc3. Putih menyerang menteri hitam dengan tujuan memenangkan tempo.

h. Permainan Skotlandia (Scotch Game)

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        e5
      2. Kf3      Kc6
      3. d4    

Salah satu pembukaan yang populer, namun dewasa ini sudah jarang digunakan. disebabkan langkah d4 putih tidak ada kesulitan bagi hitam untuk melakukan permainan yang sama, yaitu pion di e5 pukul pion di d4 memberikan kemungkinan persiapan yang lebih untuk hitam.

i. Gambit Raja (King's Gambit)

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        e5
      2. f4

Pembukaan gambit raja merupakan salah satu yang tertua, paling hidup, dan paling di analisis. Dengan pembukaan ini, pemain putih bisa menang cepat melalui serangan gajah raja dan juga sebaliknya, jika putih terlalu terburu-buru dan hitam berhasil memanfaatkan kelengahan pemain putih, maka akan dipastikan kemenangan untuk hitam.

j. Alekhine Defense

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. e4        Kf6

Hitam berusaha membuat putih memajukan bidak-bidaknya, dengan langkah 2.e5  Kd5 3.c4  Kb6 4.d4. Putih mempunyai susunan bidak pusat yang bagus, walaupun hitam unggul mobilitas perwira.

Dimulai dari d4

a. Queen's Gambit


Macam-macam Pembukaan Catur

      1. d4        d5
      2. c4

Pembukaan Gambit menteri mengorbankan bidak c4 nya terlebih dahulu, bertujuan menghilangkan penguasaan papan tengah oleh hitam. 

Dengan alasan dominasi di petak pusat, hitam pada umumnya akan menolak gambit (tidak memakan pion di c4).

b. Trompowsky Attack

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. d4        Kf6
      2. Gg5

Pada pembukaan ini memiliki ciri perkembangan Gajah menteri lebih awal ke petak g5 dengan menyerang kuda hitam, namun hitam bisa menyerang balik dengan melangkahkan Kuda ke e4.

c. Dutch Defense

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. d4        f5

Hitam melangkahkan bidak gajah raja bertujuan untuk menguasai petak pusat dengan bangunan yang tidak simetris terhadap putih.

d. Benko Gambit

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. d4        Kf6
      2. c4        c5
      3. d5        b5

Pembelaan benko merupakan salah satu pembelaan dalam menghadapi pembukaan d4, pembukaan ini mengorbankan pion b-nya dengan tujuan memenangkan posisi dan memberi tekanan pada sayap menteri putih.

e. Benoni Defense (Modern Variation)

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. d4        Kf6
      2. c4        c5
      3. d5        e6
      4. Kc3      exd5
      5. cxd5    d6

Pembelaan benoni pertama kali di kenalkan oleh frank james pada tahun 1972, pembelaan ini merupakan salah satu pertahanan yang agresif untuk menghadapi pembukaan d4. 

Putih mempunyai keunggulan ruang gerak dan hitam mempunyai bidak mayoritas di bagian sayap menteri.

f. London System

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. d4        d5
      2. Kf3      Kf6
      3. Gf4

Pembukaan london system adalah opening yang di anjurkan untuk pemula, dikarenakan pada sistem ini tidak begitu banyak langkah taktis dan mengedepankan posisional buah catur.

Lain-lain

a. Catalan Opening

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. d4        Kf6
      2. c4         e5
      3. g3

Pembukaan katalan bertujuan menopang penguasaan pusat melalui gajah fianchettonya di g2. Dewasa ini, catalan opening sering digunakan oleh para pemain catur yang di sebabkan oleh mudahnya pembukaan ini di transpose ke banyak variasi.

b. Bird's Opening

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. f4

Putih jarang memainkan pembukaan ini, namun masih jadi andalan bagi beberapa pemain. Pembukaan ini mengontrol pusat papan melalui langkah bidak gajah raja.

c. Pembukaan Inggris

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. c4

Pembukaan inggris tercipta pada tahun 1890-an dikarenakan seringnya pemain inggris memainkan pembukaan ini, putih melakukan penguasaan melalui bidak gajah menteri.

d. Grob Opening

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. g4

Pada pembukaan ini putih tidak melaksanakan prinsip dalam opening catur yaitu menguasai petak pusat. Namun, pembukaan ini memiliki jebakan untuk hitam jika tidak mewaspadainya.

g. Polish Opening

Macam-macam Pembukaan Catur

      1. b4

Pembukaan polish dimulai dengan langkah b4 dengan lanjutan Gb2 yang bertujuan melakukan tekanan pada bidak g7 melalui pengorbanan pion b4 jika dimakan gajah hitam. 

Sama halnya pembukaan grob, pada variasi ini juga tidak menguasai pusat papan yang mengakibatkan hitam akan segera mungkin melakukan kontrol terhadap pusat papan.

Dengan mempelajari langkah pada pembukaan, akan berguna ketika sobat catur menghadapi suatu langkah pertama kali, sobat bisa melihat kunci (jawaban yang tepat) untuk mendapatkan pemecahan, pembukaan apakah yang sedang di hadapi, dan menentukan pembukaan mana yang sesuai selera serta gaya sobat catur bermain. 

Sobat akan bisa menentukan, opening mana yang akan dipelajari dan lebih di perdalam lagi. Meskipun begitu, pemain catur jangan terlalu mengandalkan hafalan karena akan kebingungan jika menghadapi variasi yang berbeda, tetapi pelajarilah prinsip dan tujuan dari pembukaan itu sendiri.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat..cmiiw

Gens Una Sumus

Post a Comment for "Macam-macam Pembukaan Catur (Chess Opening)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel