Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memenangkan Permainan Catur Meskipun sebagai Pemula

Cara Memenangkan Permainan Catur Meskipun sebagai Pemula

Memahami Nilai Masing-Masing Buah

Raja adalah bagian terpenting di papan catur, jika raja mati langkah ketika diserang, maka permainan berakhir dan sobat kalah.

Namun, buah yang lain juga tak kalah pentingnya, sobat harus menjaganya agar tetap hidup. Kalaupun harus melakukan pertukaran, sobat harus mengerti nilai buah untuk mengetahui untung dan ruginya dalam pertukaran atau pengorbanan. 

Misalkan Menteri lebih berharga dibandingkan Benteng, Benteng lebih berharga dibandingkan dengan kuda atau gajah, dan seterusnya. Untuk lebih lengkapnya bisa di pelajari disini.

Jadi, memahami nilai masing-masing buah merupakan hal yang harus diketahui sobat pemula.

Memahami Tujuan dari Langkah Pembukaan

Pembukaan catur biasanya menentukan strategi umum dan posisi untuk seluruh pertandingan. Ingat, tujuannya adalah mengembangkan perwira secepat mungkin.

Ada beberapa pertimbangan utama dalam pembukaan yang baik :
  • Pindahkan atau kuasai pusat papan menggunakan bidak.
  • Jangan menggerakkan buah yang sama dua kali berturut-turut, kecuali menghindari ancaman lawan. Hal ini akan berakibat terlambatnya perkembangan perwira yang lain.
  • Jika sobat memegang buah putih, sejak langkah pertama berarti ingin menyerang dan mengontrol permainan. Hitam harus bertahan dan menahan diri, menunggu momen yang tepat untuk melakukan serangan balik.
  • Memeriksa daftar pembukaan yang digunakan oleh Grandmaster dalam turnamen modern.
Untuk lebih lengkapnya sobat bisa mempelajarinya pada Prinsip Dasar Pembukaan Catur. 

Pikirkan 3-5 Langkah ke depan

Untuk memenangkan pertandingan catur, sobat harus memikirkan langkah lanjutan sebelum melangkah. Hal ini akan berpengaruh pada strategi dan taktik yang akan sobat gunakan terhadap lawan.

Seorang Grandmaster biasanya bisa mengkalkulasi langkahnya hingga 10 langkah kedepan, tetapi buat pemula bisa memulai belajar dengan 3-5 langkah kedepan.

Dengan begitu sobat akan mempelajari serangan yang lebih rumit, dan bisa juga untuk mengelabuhi lawan.

Cara Menang Mudah, Sobat bisa mencoba 4 Langkah Mat (Scholar's Mate)

Ini adalah trik jika sobat menggunakan buah putih. Scholar mate adalah trap untuk mengalahkan lawan pemula lengah dengan cepat.

Step 1 : Pertunjukan Gerakan

Spoiler for 1 : 

Step 2 : Mencegah Mate Scholar sebagai Hitam

Spoiler for 2 : 

Jadi, schorlar's mate merupakan trik skakmat dimana menteri dan gajah menyerang bidak lemah di f7. Karena, di awal posisi hanya mendapatkan perlindungan dari raja.

Bahkan sekelas GM Mikhail Tal yang mempunyai julukan "Magician from Riga" pernah dikalahkan menggunakan trap ini. Permainan ini terjadi ketika dia berusia 9 tahun melawan saudaranya pada tahun 1945 di Riga.

Post a Comment for "Cara Memenangkan Permainan Catur Meskipun sebagai Pemula"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel