Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tim Srikandi Merah Putih Raih "Silver Medals" pada Kejuaraan Asian Nations CUP 2020

Timnas putri Indonesia
Posko tim Indonesia di Wisma DPR RI Cisarua, Bogor.

Timnas catur putri Indonesia berhasil memperoleh medali perak pada kejuaraan Asian Nations CUP  2020, kegiatan ini dilaksanakan pada 10-25 oktober 2020 secara daring melalui web chess.com

Turnamen yang digelar oleh Asian Chess Federation ini  terdiri dari dua tahap, tahap pertama dengan sistem swiss 9 babak dengan tujuan mencari delapan  tim teratas yang akan maju ke babak perempat final dan nanti akan bertanding dengan sistem gugur yang merupakan tahap kedua.

Sebenarnya Indonesia mengirimkan dua tim, yaitu tim putra dan putri. Namun, tim putra gugur setelah lolos pada quarter final. hal itu tidaklah membuat kecewa PB Percasi dikarenakan kontingen catur Indonesia hanya di targetkan lolos ke perempat final.

Adapun susunan pemain tim putri Indonesia adalah :
Papan 1 - IM Irene Kharisma Sukandar
Papan 2 - IM Medina Warda Aulia
Papan 3 - WIM Chelsie Monica Sihite
Papan 4 - WIM Dita Karenza
Cadangan - WFM Nadya Angraini

Perjalanan tidaklah mudah, pada tahap awal tim putri memperoleh peringkat ke 6 dari 31 negara. diantara urutan peringkat 1 sampai 8 adalah India, Filipina, Iran, Vietnam, Mongolia, Indonesia, Sri lanka, dan Kyrgyzstan.

Harus diakui bahwa IM Medina Warda Aulia adalah penyelamat tim catur putri Indonesia hingga tim ini lolos ke delapan besar, dari delapan penampilannya di meja dua Medina membukukan hasil 5 kali menang dan 3 kali imbang tanpa pernah kalah.

Pada tahap kedua yang berarti babak perempat final, tie-break yang digunakan adalah jika papan 1 menang mendapat poin 4, papan 2 menang dapat poin 3, papan 3 menang dapat 2 poin , dan jika papan 4 menang memperoleh 1 poin.

Indonesia bertemu Iran kembali pada babak perempat final, walaupun pada tahap awal sudah bertemu dan kalah. Tim srikandi INA bisa bangkit dan WIM Chelsie Monica Sihite menjadi pahlawan karena mencetak skor 2-0, sementara iran mencetak skor 2-0 di papan 4. Sedangkan, meja 1 dan 2 masing-masing berakhir remis.

Dengan hasil pertandingan yang imbang tersebut, timnas putri INA dinyatakan memenangkan pertandingan berdasarkan perhitungan tie-break dan berhak lolos ke semifinal.

Pada babak semifinal tim putri Indonesia bertemu dengan tim putri Filipina, Irene kharisma dan kawan-kawan berhasil menang 2-0 langsung yang berarti berhasil mengantarkan tim putri INA ke final.

Bertemu India di final, Indonesia takluk dengan skor 1-3 masing-masing pada babak pertama dan kedua. Dengan hasil tersebut timnas putri Indonesia mendapatkan posisi runner-up pada kejuaraan Asian Nations CUP 2020 ini.

"Hasil yang dicapai tim putri Indonesia sangat luar biasa. Dengan menembus final, tim putri Indonesia berhasil melebihi target yang semula dicanangkan, yakni hanya babak perempatfinal," kata Utut Adianto.

2 comments for "Tim Srikandi Merah Putih Raih "Silver Medals" pada Kejuaraan Asian Nations CUP 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel